116 Desainer yang Bakal Meriahkan JFW 2023 pada 24–30 Oktober!

Pekan mode bergengsi di Indonesia, Jakarta Fashion Week atau JFW, akan segera digelar pada akhir Oktober ini. Setelah dilaksanakan secara online pada dua tahun terakhir akibat pandemi COVID-19, JFW 2023 kembali digelar secara offline di rumah barunya, Pondok Indah Mall 3 (PIM 3).

Pagelaran busana yang akan berlangsung pada 24–30 Oktober ini hadir dengan sejumlah perubahan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selama tujuh hari, JFW 2023 hanya akan menggelar total 34 show, dengan lima show per harinya.

Menurut Chairwoman Jakarta Fashion Week dan CEO GCM Group, Svida Alisjahbana, pemangkasan ini dilakukan untuk menghindari keterlambatan waktu show. Setiap harinya, show akan berlangsung setiap pukul 1 siang, 3 sore, 5 sore, 7 malam, dan 9 malam.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

“Tahun ini, kami tidak seperti Jakarta Fashion Week sebelumnya, di mana setiap setengah jam show, setengah jam break. Karena kalau begitu, ketika ada yang macet, [show] yang malam bisa bisa sampai 1-2 jam telat. Really fashionably late,” jelas Svida pada acara konferensi pers Road to JFW 2023 yang digelar di press lounge JFW PIM 3, Selasa (11/10).

Konferensi pers Road to Jakarta Fashion Week 2023 di Press Lounge JFW 2023, Pondok Indah Mall 3, Selasa (11/10/2022). Foto: Dok. JFW
“Kami tahun ini mengobservasi bahwa ini adalah post-pandemic, sehingga kami hanya ada lima show per hari, kecuali hari terakhir. Mulai dari pukul 1, lalu pukul 3, 5, 7, 9. Break satu jam, [durasi] setiap show kira-kira setengah jam. Jadi, enggak banyak show-nya,” lanjut Svida.

Nah, dari total 34 show tersebut, sebanyak 116 label dan desainer akan ikut serta memamerkan karya mereka di JFW 2023, baik lokal maupun internasional. Total sebanyak 1.600 koleksi akan memeriahkan pekan mode bergengsi ini, lho, Ladies.

Sejumlah nama desainer dan label lokal yang sangat ditunggu-tunggu karyanya meliputi Harry Halim, Jeffry Tan, Sejauh Mata Memandang, Benang Jarum, Nada Puspita, Sebastian Gunawan, Didi Budiardjo, Ivan Gunawan, Era Soekamto, Ghea Panggabean, Priyo Oktaviano, Denny Wiryawan, Liliana Lim, Klamby, Nagita Slavina, dan masih banyak lagi. Kemudian, tiga desainer internasional yang turut memeriahkan runway JFW 2023 adalah Ngali by Denni Fransisco (Australia), St. Ego, dan Doucan dari Korea Selatan.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Fashion week yang mengusung tema Fashion Reformation ini juga meliputi segmen yang paling ditunggu-tunggu, yakni Dewi Fashion Knights. Buat Ladies yang belum familier, Dewi Fashion Knights adalah segmen persembahan Majalah Dewi yang menampilkan koleksi dari desainer terbaik Indonesia, dengan tema tersendiri yang tetap berkaitan dengan tema utama JFW 2023.

Para desainer pun dikurasi lewat proses yang penuh ketelitian oleh editor berbagai majalah fashion, termasuk oleh tokoh perempuan seperti Najwa Shihab, hingga Angela Tanoesoedibjo. Svida menjelaskan, para desainer yang dikurasi adalah desainer termapan yang bisa setting the trend untuk tren fashion tahun depan.
Nah, tahun ini, Dewi Fashion Knight akan dibagi ke dalam dua kategori, yakni High End Ready-to-Wear dan Haute Couture atau adibusana. Kategori Ready-to-Wear, yang diselenggarakan pada 29 Oktober, akan membawakan tema Fashion Mutation. Kategori ini menampilkan koleksi ciamik karya Peggy Hartanto, Sean Sheila, dan Aidan and Ice.

Related Posts

Coach Luncurkan Koleksi Holiday 2022 dalam Kampanye Feel the Wonder!

Kamis (17/11), acara peluncuran Coach Holiday 2022 telah sukses diselenggarakan untuk menyambut musim liburan yang segera tiba. Pada momen spesial ini, Coach memperkenalkan tema ”Feel the Wonder”,…

Marisa Tumbuan Berbagi Tips Beli Barang Preloved!

Marisa Tumbuan tengah sibuk mempersiapkan pergelaran Irresistible Bazzar 2022 yang digelar di Lippo Mall Kemang Jakarta dari tanggal 30 November hingga 4 Desember 2022. Bazaar kali ke-28…

Solusi Fesyen Berkelanjutan dengan Serat Rayon

Tren sustainability menjadi isu penting dalam bisnis, terlebih dengan kondisi Bumi yang mengalami krisis iklim. Salah satu aspek keberlanjutan yang jadi sorotan adalah fashion. Fashion sustainability atau…

Rumoh Syar’i Ramaikan Peragaan Busana di Muslim Fashion Week 2022!

Rumoh Syar’i, sebuah brand karya desainer terkenal asal Banda Aceh, Helvan Sari, ikut memeriahkan Muslim Fashion Week (MFW) 2022. Dalam kegiatan yang berlangsung di Lapangan Blang Padang…

Tandai Ekspansi Brand Tanah Air, Fashion Show Digelar di Seminyak Bali

Acara fashion show digelar serangkaian upaya brand busana tanah air yang siap melebarkan sayap dalam dunia fashion internasional. “Yang kami lakukan adalah upaya untuk bangkit dan memajukan…

Louis Vuitton Spring Summer 2023, Koleksinya Unik Pakai Ritsleting Raksasa

Bagi Direktur Kreatif Louis Vuitton Nicolas Ghesquière, koleksi Spring Summer 2023 cukup penting untuk menunjukkan sisi lain dari kefemininan perempuan. Ia pun menghadirkan koleksinya dengan sangat berbeda….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *