Menyalurkan Ekspresi Melalui Fashion!

Anak remaja biasanya sudah masuk ke dalam lingkup dunia fashion. Bagi kalian yang sedang membaca artikel ini, mungkin pernah tanpa disadari akan memuji betapa fashionable nya seseorang hanya dengan sekali lihat karena gaya berpakaian nya yang rapi dan keren. Karena pada dasarnya fashion adalah gaya berbusana populer sebagai mode dalam suatu budaya.

Dunia fashion pun berkembang pesat. Dengan munculnya gaya style yang unik membuat suatu pendapat bahwa fashion adalah gaya yang dapat menentukan penampilan seseorang baik itu dalam kehidupan sehari hari ataupun pada saat acara tertentu.

Dari yang kita lihat ada nya perbedaan pendapat mengenai arti dari kata fashion. Hal itu terjadi karena perkembangan fashion dari zaman ke zaman. Pengertian fashion pun juga beragam menurut para ahli, melalui teori dan statemen yang mereka punya. Berikut adalah beberapa pendapat fashion menurut para ahli :

1. Thomas Karlyle
Menurut Karlyle; “Pakaian adalah perlambang dari jiwa. Pakaian tidak dapat dipisahkan dari perkembangan sejarah kehidupan dan budaya manusia.” Yang berarti, fashion adalah kulit segi sosial yang mengandung pesan dan juga cara hidup individu ataupun komunitas tertentu yang menjadi bagian dari kultur sosial.

2. Malcolm Barnard
Barnard Menyatakan, bahwa dilihat dari sisi etimologi maka kata fashion ini berhubungan erat dengan sebuah kata dari bahasa Latin, yaitu factio yang memili arti “membuat”. Dengan kata lain, fashion merupakan sebuah aktivitas membuat sesuatu bermode yang sedang dikerjakan oleh seseorang.

Fashion tak hanya dilihat dari gaya pakaian busana nya saja, namun dilihat juga dari aksesoris yang dikenakan, kosmetik yang dipakai, dan dari gaya rambut yang kini mulai bervariasi. Dengan begitu dapat disimpulkan, bahwa fashion sangatlah penting bagi manusia. Karena fashion yang dahulu nya dianggap sebagai busana ataupun objek kebutuhan untuk melindungi tubuh, kini menjadi kebutuhan gaya hidup manusia yang bertujuan untuk menunjang penampilan.

Selain menjadi penunjang penampilan, fashion juga memiliki beberapa manfaat lain nya bagi manusia. Berikut adalah contoh dari manfaat fashion bagi manusia :

1. Fashion Memberikan Rasa Rercaya Diri
Secara psikologis, seseorang dengan penampilan menarik akan menimbulkan rasa percaya diri yang lebih, dengan ada nya kepercayaan diri yang lebih dapat meningkatkan semangat dalam mengerjakan suatu hal.

2. Fashion Memberikan Daya Tarik Diri Seseorang
Dengan pakaian dan gaya sesuai selira bisa memberikan kesan dan daya tarik diri yang bisa memancarkan aura dan menarik perhatian orang orang sekitar.

3. Fashion Memberikan Rasa Bahagia
Dengan menggunakan fashion yang menarik dan nyaman juga menjadi suatu kepuasan bahagia bagi seseorang, terutama saat ada suatu acara tertentu bisa membuat hasil yang maksimal jika tampil, menjadikan diri lebih terampil, dan bisa memberikan kesan yang baik kepada orang lain.

Namun pernahkah kalian sadari adanya kaitan antara Fashion dan ekspresi manusia ? Sadarkah kalian bahwa kita bisa menyalurkan ekspresi melalui fashion ? Yap, tentu saja ada kaitan antara fashion dan ekspresi manusia, dan benar pastinya bahwa kita bisa menyalurkan ekspresi melalui fashion.
Ada beragam macam untuk menyalurkan ekspresi melalui fashion. Bisa dari membuat suatu fashion sesuai apa isi hati kita. Atau bahkan dengan style fashion yang kalian kenakan juga dapat memancarkan ekspresi diri kalian.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Hal tersebut dapat diihat dari sesuatu yang paling dasar ketika melihat suatu objek yang akan dipakai kepada diri kita, yaitu pemilihan warna. Warna sangatlah beragam. Segala objek terdapat warna yang terang, juga warna yang gelap. Semua pilihan warna itu memiliki arti dan kecocokan sesuai pribadi dan kesukaan kita. Makna pada pakaian warna yang bisa menggambarkan ekspresi diri dan suasana hati pada umum nya :

 

1. Merah
Warna merah termasuk kedalam warna terang yang mencolok. Warna merah memiliki simbol kasih sayang dan gairah. Merah juga warna yang memiliki emosi. Merah memberikan kesan “berani” dan memiliki karakteristik yang menantang namun menarik perhatian. Beberapa orang mungkin kurang suka untuk memakai pakaian berwarna merah. Maka dari itu, orang yang mengenakan pakaian merah bisa dibilang berani dan cukup percaya diri. Dalam berbusana, warna merah dipiih jika si pemakai ingin menarik perhatian orang orang sekitar. Tanpa perlu berkata apa apa, orang yang mengenakan baju berwarna merah seakan mengatakan “lihat aku”. Sehingga menyebabkan menarik banyak nya perhatian dari orang orang sekitar jika kamu memakai pakaian warna merah.

2. Kuning
Kuning adalah salah satu warna yang termasuk kedalam kategori terang. Warna kuning merupakan warna yang mencolok dan sulit untuk diidentifikasikan oleh mata karena masuk ke dalam warna silau, bahkan juga bisa menyakitkan mata. Busana dengan warna kuning mungkin jarang digemari. Namun busana dengan warna kuning memancarkan aura positif. Karena dengan memakai baju kuning bisa memberikan kesan “ceria” kepada orang orang sekitar.

3. Hijau
Warna hijau melambangkan alam, yang memberikan kesan menyejukkan, tenang, dan segar. Fashion dengan warna hijau bisa dipakai jika kalian ingin tampil segar dan semangat. Tak hanya itu, namun busana dengan warna hijau juga cocok untuk menampilkan kesan berkelas.

4. Biru
Warna biru memberikan kesan menenangkan dan menyejukkan mood. Penggemar warna biru biasanya menyukai suatu ketenangan, dia juga seorang penyabar, dan mampu mengontrol emosi. Dalam fashion, biru cocok untuk warna kulit apa saja dan postur tubuh apa pun. Bila kalian ingin terlihat nyaman, diterima, dan menarik tetapi tidak percaya diri, kalian bisa menggunakan busana berwarna biru.

5. Ungu
Warna ungu sering disebut sebagai warna janda. Namun hal lain yang perlu diketahui, Warna ungu juga mempresentasikan keanggunan, kemewahan, bangsawan, dan kekayaan. Dengan mengenakan warna ungu sebagai fashion, juga bisa memberikan kesan romantis untuk orang sekitar.

6. Pink
Warna pink, berarti lembut, ceria, dan menimbulkan perasaan romantis. Dalam fashion, warna pink adalah warna yang memberikan kesan feminim dan lucu. Dengan mengenakan fashion warna pink, juga dapat mengalirkan energi positif dari si pemakai. Jika kalian adalah tipe perempuan feminim, maka sangat cocok untuk memilih warna pink sebagai item fashion kalian.

7. Oranye
Waran oranye adalah perpaduan dari warna kuning dan merah yang memberikan kesan kekuatan. Dalam fashion, warna ini identik dengan orang yang menyukai tantangan dan suka tampil sebagai pusat perhatian. Bisa juga memperlihatkan kesan dewasa. Tak hanya itu, namun warna cerahnya oranye bisa membuat mood si pemakai dan orang sekitar menjadi naik.

8. Cokelat
Warna cokelat mewakili warna tanah dan alam. Warna cokelat menggambarkan apa adanya. Warna cokelat mencerminkan juga warna kepercayaan. Sehingga jika kalian mengenakan fashion dengan nuansa cokelat akan memberikan kesan yang sederhana, elegan, dan memesona. Dengan menggunakan warna cokelat juga bisa mengekspresikan kepribadian yang jujur, dapat diandalkan, dan bisa dipercaya.

9. Hitam
Warna hitam sering mendapat koonatif negatif seperti “warna hitam melambangkan duka.” , “warna hitam mengekspresikan kesepian dan kegelapan.” , dan hal lain sebagainya. Namun anggapan tersebut salah. Pada fashion, warna hitam memberikan kesan eksklusif. Warna hitam juga bisa menggambarkan keanggunan dan kekuatan.
Pakaian berwarna hitam adalah salah satu warna dengan banyak penggemar. Dan kebanyakan orang pasti memiliki busana berwarna hitam. Karena warna hitam sangat cocok dipadukan dengan berbagai jenis fashion item lain nya. Dengan menggunakan fashion style berwarna hitam akan mengekspresikan aura elegan kepada seseorang.

10. Abu abu
Warna abu abu memiliki arti keseimbangan. Karena warna abu abu adalah pertengahan dari gelap terang nya sebuah warna. Dalam fashion, Busana dengan warna abu abu memberikan kesan ketenangan dan rendah hati. Warna abu abu ini cocok dipakai saat ke acara formal.

11. Putih
Warna putih adalah warna yang klasik dan elegan. Warna putih mudah dikolaborasikan dengan berbagai macam warna lain nya. Dengan mengenakan fashion nuansa putih bisa memberi kesan kesederhanaan, ketulusan, dan kebaikan.

12. Emas
Warna emas termasuk ke dalam warna glamaor. Warna emas juga melambangkan kesuksesan, kejayaan, dan penghargaan. Jika kalian mengenakan fashion dengan nuansa warna emas, kalian akan memberikan kesan yang mahal, mewah, dan elegan.

13. Silver
Warna silver identik dengan energi. Kalian bisa memancarkan ekspresi yang emosional, sensitif, dan misterius apabila mengenakan pakaian dengan warna silver.
Selain warna untuk menyalurkan ekspresi dan menjadi seorang yang fashionable, kalian bisa mengkolaborasikan nya dengan pemakaian kosmetik dan berbagai hiasan untuk memancarkan harmonisasi dari sebuah fashion.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

1. Style Romantic
Mengenakan blouse dan rok berenda dengan bahan yang lembut. Korset bunga bunga dan berpita. Sepatu feminim dengan warna pastel yang lembut dan cerah.

2. Style Sporty
Memakai t-shirt putih, hoody, dan training. Menggunakan tas selempang atau tas pinggan yang kecil dan simpel. Terakhir mengenakan sneakers dan kaus kaki sporty.

3. Modern Style
Memakai kaus dengan bentuk dan warna yang simple. Dipadukan dengan jaket dan jeans biasa. Menggunakan tas yang modern dengan warna hitam, putih, atau abu abu. Juga memakai sepatu loafers yang nyaman dipakai.

4. Hip Hop Style
Memakai kaus yang kebasaran, atau t-shirt baggy maupun hoody sampai menutupi bokong. Menggunakan jins yang panjang dan besar sampai bawah. Dipadukan dengan ikat pinggan yang menggantung. Dan mengenakan bandana atau topi cap untuk melengkapi aksesoris fashion hip hop style.

5. Cowboy Style
Memakai vest dan jeans. Gunakan juga topi lebar, boots, dan gesper. Lalu dilengkapi dengan melilitkan scraft di leher agar mentotalitaskan fashion cowboy style mu.
Itulah ulasan dan berbagai tip untuk menyalurkan ekspresi melalui fashion. Fashion tidak bisa disebut keren jika kalian hanya memakai busana, aksesoris, kosmetik, dan berbagai hiasan yang sedang trend dari ujung kepala hingga ujung kaki. Karena sesuatu yang trendy, sesuatu yang keren, belum tentu akan cocok jika kita yang memakainya Maka ciptakanlah fashion style kalian melalui ekspresi diri kalian. Dengan begitu akan muncul cita rasa yang berbeda jika kalian memakai nya. Terakhir, percaya dirilah. Dengan ada nya kepercayaan diri, fashion style kalian akan terlihat lebih bercahaya.
Saya pribadi suka menyalurkan ekspresi yang cool, bergaya hip hop style melalui fashion dengan memakai hoodie yang besar, jeans, dan dipadukan dengan gelang, kalung, serta topi. Karena bagi saya, gaya hip hop lah yang pas untuk menyalurkan ekspresi dari diri saya. Bagaimana dengan fashion style kalian ?

Daftar Pustaka

1. Menyampaikan Ekspresi Diri dengan Fashion yang Kamu Pakai – Enesis Group
2. Pengertian Fashion-Stylist, Manfaat, Ciri, Faktor, Para Ahli (gurupendidikan.co.id)
3. Fashion sebagai Bentuk Ekspresi Diri – Kompasiana.com
4. Unsur Desain Fashion: Unsur Warna (Makna Warna) (fitinline.com)
5. Buku komik Ten Ten Series berjudul “Stylish! Biar Gaul Gak Jadul Gitu, looh!” (2013)

Related Posts

Perkembangan Batik dalam Tren Mode Masa Kini!

Warisan budaya adalah sesuatu yang sangat penting bagi sebuah negara karena merupakan bagian dari identitas dan jati diri. Akan tetapi, warisan budaya sering kali terabaikan dan kurang…

Cara Raline Shah Dukung Fashion Berkelanjutan, Pakaian Lama Dijual Kembali atau Dibagikan!

Fashion merupakan salah satu industri yang menyumbang limbah paling banyak. Itu karena orang sering berbelanja pakaian sesuai dengan musimnya, ditambah lagi fashion selalu berkembang setiap tahun. Namun,…

Jakarta Fashion Trend 2023, Geliat Fesyen Pascapandemi Bawa Semangat Kolaborasi

Fesyen Tanah Air kembali menggeliat setelah pandemi COVID-19 mereda. Indonesian Fashion Chamber (IFC) Jakarta Chapter pun tak ragu menghelat Jakarta Fashion Trend 2023 di tahun keempat yang…

Billie Eilish Ungkap Perjuangannya dengan Citra Tubuh Sejak Remaja!

Billie Eilish membuat sejarah sebagai bintang sampul video pertama Vogue untuk Januari 2023. Dia berbicara tentang perjuangannya dengan hubungannya dengan tubuhnya hingga perubahan iklim. Dalam video itu,…

Modest Fesyen Kian Berkembang, RiaMiranda Buka Toko Baru di Medan!

Tren modest fesyen di Indonesia kian berkembang. Para desainer berlomba menampilkan karya terbaik untuk menggaet para peminatnya. RiaMiranda, salah satu brand lokal membuka cabang barunya di Kota…

Kisah Leila Melati Bangun Brand Rokgaliya Selama 11 Tahun!

Sebagian perempuan mungkin tak asing dengan Rokgaliya, salah merek busana lokal yang selama 11 tahun fokus memproduksi gaun wanita rok dan menjadi salah satu pionir merek rok…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *