Sejarah Singkat Met Gala, Malam Fashion Paling Bergengsi Dunia

Ladies, para pecinta fashion mungkin sudah tidak asing lagi dengan malam fashion paling bergengsi di dunia, yaitu Met Gala. Ya, acara yang biasa disebut dengan ‘Gala’ atau ‘Met Ball’ ini diadakan pada hari Senin pertama bulan Mei setiap tahunnya. Pada tahun 2022, Met Gala jatuh pada 2 Mei 2022.

Apa sebenarnya Met Gala itu? Dijuluki “The Oscars of the East Coast” atau “The Super Bowl of Fashion,” acara ini merupakan malam penggalangan dana yang didedikasikan untuk pameran seni Costume Institute di Metropolitan Museum of Art, New York, AS.

Met Gala dan segala kemewahannya selalu elegan, prestisius, dan dihiasi bintang dan selebritas papan atas. Tamu undangan akan mengenakan pakaian dari desainer terbaik, lebih ramping di karpet merah sebelum akhirnya memasuki acara utama yang penuh misteri.

Sejarah Singkat Met Gala, Malam Fashion Paling Bergengsi Dunia (1)

Ya, seperti dikutip dari Irish Tatler, ketua penyelenggara Met Gala, Anna Wintour, telah memberlakukan larangan media sosial untuk melindungi kerahasiaan dan eksklusivitas Met Gala. Nah, dengan segala kemewahan tersebut, mungkin sulit membayangkan kalau gala ini dulunya adalah penggalangan dana pribadi dan privat.

Irish Sea Tatler, Met Gala 1948 tumbuh dari acara makan malam yang diumumkan oleh jurnalis mode senior Amerika Eleanor Lambert. Lambert adalah bagian besar dari dunia mode AS – ia tidak hanya melahirkan Met Gala, tetapi juga pelopor New York Fashion Week.

Mengutip situs resmi Museum Met, saat itu, dengan pembayaran $50, tamu undangan dapat menghadiri acara yang disebut “Pesta Tahun Ini” untuk studi kostum dan mode di Metropolitan Museum of Art.

Siapa yang dapat berpartisipasi? Dikutip dari Irish Tatler, mereka adalah orang-orang yang berasal dari kelas sosial tinggi di kawasan Manhattan, New York City. Makan malam diadakan di Waldorf Astoria pada bulan Desember.

Diana Vreeland mendesak perubahan di Met Gala

Sejarah Singkat Met Gala, Malam Fashion Paling Bergengsi Dunia (3)

Met Gala perlahan membuat nama untuk dirinya sendiri ketika Diana Vreeland bergabung dengan Institut Kostum sebagai konsultan. Pada tahun 1972, mantan editor Vogue Amerika mengubah pesta makan malam di Waldorf Astoria menjadi acara besar dalam kalender sosial New York.
Bagaimana caranya? Irish Sea Tatler mengundang Vreeland tidak hanya elit di New York, tetapi juga bintang besar saat itu seperti Andy Warhol, Diana Ross, dan Cher.

Vreeland juga mulai memperkenalkan tema dan dress code Met Gala kepada para tamu yang hadir. Nama-nama besar elit Hollywood dan Manhattan tiba di lokasi dengan gaun glamor dan mewah kemudian memasuki ruang bawah tanah tempat acara utama berlangsung. Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara utama Met Gala memang sangat eksklusif.
Harga tiket naik menjadi $100 dibandingkan sebelumnya. Tiket tersedia bagi mereka yang tidak ada dalam daftar “Elite Hollywood”, sehingga siapa pun yang memiliki uang dapat menghadiri Met Gala pada saat itu.

Related Posts

Wajah Lisa Blackpink Muncul di Pameran NFT, Singapura

Wajah Lisa Blackpink ditampilkan di spanduk pop-up merek wiski Chivas Regal di pameran NFT di Singapura. Momen ini sekaligus menjadi perayaan bagi Chivas Regal yang baru-baru ini…

Kece di Musim Panas dengan Koleksi Sandal Onitsuka Tiger

Salah satu brand fashion ternama asal Jepang, Onitsuka Tiger menawarkan beragam sandal berkualitas yang pastinya stylish dan nyaman dipakai. Kualitas produk Onitsuka Tiger tidak perlu diragukan lagi…

Indonesia Model Week Kembali Digelar Offline Setelah Sempat Dua Tahun Vakum

Ajang pekan mode terbesar di Indonesia, Indonesia Model Week (IFW) berlangsung untuk pertama kalinya sejak pandemi Covid-19. Setelah absen selama dua tahun sejak 2020, IFW 2022 diharapkan…

Tengok Tas Kolaborasi Realme X Heliot Emil Di Paris Fashion Week 22

Tepat pada 3 Maret 2022, kolaborasi antara realme dan HELIOT EMIL ditampilkan di Paris Fashion Week Fall/Winter 2022. Ya, ladies, case smartphone mewah dikibarkan di fashion show,…

Doja Cat Akan Isi Soundtrack Film Elvis Lewat Lagu “Vegas”

Penyanyi dan rapper Amerika Serikat Doja Cat akan mengisi soundtrack film Elvis dengan lagu terbarunya yang berjudul “Vegas”. Single baru Doja Cat yang paling ditunggu-tunggu akan dirilis…

Deddy Corbuzier Investasikan Dana Rp10 Miliar Lebih pada Brand Fashion Lokal

Deddy Corbuzier melebarkan sayapnya di dunia bisnis. Setelah sebelumnya membuat perjanjian kolaborasi dadakan dengan CEO dan pendiri Erigo Muhammad Sadad di podcast, Deddy membuktikan kata-katanya. Deddy baru…

Leave a Reply

Your email address will not be published.