Sejarah Singkat Met Gala, Malam Fashion Paling Bergengsi Dunia

Ladies, para pecinta fashion mungkin sudah tidak asing lagi dengan malam fashion paling bergengsi di dunia, yaitu Met Gala. Ya, acara yang biasa disebut dengan ‘Gala’ atau ‘Met Ball’ ini diadakan pada hari Senin pertama bulan Mei setiap tahunnya. Pada tahun 2022, Met Gala jatuh pada 2 Mei 2022.

Apa sebenarnya Met Gala itu? Dijuluki “The Oscars of the East Coast” atau “The Super Bowl of Fashion,” acara ini merupakan malam penggalangan dana yang didedikasikan untuk pameran seni Costume Institute di Metropolitan Museum of Art, New York, AS.

Met Gala dan segala kemewahannya selalu elegan, prestisius, dan dihiasi bintang dan selebritas papan atas. Tamu undangan akan mengenakan pakaian dari desainer terbaik, lebih ramping di karpet merah sebelum akhirnya memasuki acara utama yang penuh misteri.

Sejarah Singkat Met Gala, Malam Fashion Paling Bergengsi Dunia (1)

Ya, seperti dikutip dari Irish Tatler, ketua penyelenggara Met Gala, Anna Wintour, telah memberlakukan larangan media sosial untuk melindungi kerahasiaan dan eksklusivitas Met Gala. Nah, dengan segala kemewahan tersebut, mungkin sulit membayangkan kalau gala ini dulunya adalah penggalangan dana pribadi dan privat.

Irish Sea Tatler, Met Gala 1948 tumbuh dari acara makan malam yang diumumkan oleh jurnalis mode senior Amerika Eleanor Lambert. Lambert adalah bagian besar dari dunia mode AS – ia tidak hanya melahirkan Met Gala, tetapi juga pelopor New York Fashion Week.

Mengutip situs resmi Museum Met, saat itu, dengan pembayaran $50, tamu undangan dapat menghadiri acara yang disebut “Pesta Tahun Ini” untuk studi kostum dan mode di Metropolitan Museum of Art.

Siapa yang dapat berpartisipasi? Dikutip dari Irish Tatler, mereka adalah orang-orang yang berasal dari kelas sosial tinggi di kawasan Manhattan, New York City. Makan malam diadakan di Waldorf Astoria pada bulan Desember.

Diana Vreeland mendesak perubahan di Met Gala

Sejarah Singkat Met Gala, Malam Fashion Paling Bergengsi Dunia (3)

Met Gala perlahan membuat nama untuk dirinya sendiri ketika Diana Vreeland bergabung dengan Institut Kostum sebagai konsultan. Pada tahun 1972, mantan editor Vogue Amerika mengubah pesta makan malam di Waldorf Astoria menjadi acara besar dalam kalender sosial New York.
Bagaimana caranya? Irish Sea Tatler mengundang Vreeland tidak hanya elit di New York, tetapi juga bintang besar saat itu seperti Andy Warhol, Diana Ross, dan Cher.

Vreeland juga mulai memperkenalkan tema dan dress code Met Gala kepada para tamu yang hadir. Nama-nama besar elit Hollywood dan Manhattan tiba di lokasi dengan gaun glamor dan mewah kemudian memasuki ruang bawah tanah tempat acara utama berlangsung. Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara utama Met Gala memang sangat eksklusif.
Harga tiket naik menjadi $100 dibandingkan sebelumnya. Tiket tersedia bagi mereka yang tidak ada dalam daftar “Elite Hollywood”, sehingga siapa pun yang memiliki uang dapat menghadiri Met Gala pada saat itu.

Related Posts

Coach Luncurkan Koleksi Holiday 2022 dalam Kampanye Feel the Wonder!

Kamis (17/11), acara peluncuran Coach Holiday 2022 telah sukses diselenggarakan untuk menyambut musim liburan yang segera tiba. Pada momen spesial ini, Coach memperkenalkan tema ”Feel the Wonder”,…

Marisa Tumbuan Berbagi Tips Beli Barang Preloved!

Marisa Tumbuan tengah sibuk mempersiapkan pergelaran Irresistible Bazzar 2022 yang digelar di Lippo Mall Kemang Jakarta dari tanggal 30 November hingga 4 Desember 2022. Bazaar kali ke-28…

Solusi Fesyen Berkelanjutan dengan Serat Rayon

Tren sustainability menjadi isu penting dalam bisnis, terlebih dengan kondisi Bumi yang mengalami krisis iklim. Salah satu aspek keberlanjutan yang jadi sorotan adalah fashion. Fashion sustainability atau…

Rumoh Syar’i Ramaikan Peragaan Busana di Muslim Fashion Week 2022!

Rumoh Syar’i, sebuah brand karya desainer terkenal asal Banda Aceh, Helvan Sari, ikut memeriahkan Muslim Fashion Week (MFW) 2022. Dalam kegiatan yang berlangsung di Lapangan Blang Padang…

Tandai Ekspansi Brand Tanah Air, Fashion Show Digelar di Seminyak Bali

Acara fashion show digelar serangkaian upaya brand busana tanah air yang siap melebarkan sayap dalam dunia fashion internasional. “Yang kami lakukan adalah upaya untuk bangkit dan memajukan…

116 Desainer yang Bakal Meriahkan JFW 2023 pada 24–30 Oktober!

Pekan mode bergengsi di Indonesia, Jakarta Fashion Week atau JFW, akan segera digelar pada akhir Oktober ini. Setelah dilaksanakan secara online pada dua tahun terakhir akibat pandemi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *